IMIKI CAMP, Awal Bangkitnya Mahasiswa Komunikasi Malang

Kebersamaan : Anggota IMIKI cabang Malang dan Kaprodi Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya berfoto bersama. (doc. panitia)
Seru dan inspiratif. Dua hal tersebut menggambarkan gelaran mahasiswa Ilmu Komunikasi se Malang yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) Cabang Malang. Pada Sabtu dan Minggu (26-27/4) ini organisasi mahasiswa Komunikasi gabungan dari empat kampus di Malang yakni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Merdeka (Unmer) Malang, dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) menggelar malam keakraban (makrab) bertajuk “IMIKI CAMP : United We Stand”. Dihadiri 25 mahasiswa Ilmu Komunikasi dari keempat kampus tersebut dan beberapa tamu undangan dari cabang lain, makrab ini diadakan di salahsatu villa di Songgoroti, Kota Batu.

Muhammad Zulfikar Akbar, Ketua IMIKI Cabang Malang mengungkapkan, kegiatan ini merupakan acara pertama sejak kepengurusan baru terpilih di medio November 2013 lalu.

“Tujuannya tak lain untuk menumbuhkan rasa kebersamaan antar anggota IMIKI khususnya cabang Malang,” ungkap mahasiswa yang juga berkuliah di UMM jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2012 ini.

Ia bercerita, sebelum di masa kepengurusan Zulfikar –sapaan akrabnya- IMIKI cabang Malang seolah kehilangan taringnya. Kurang intensnya komunikasi yang terjalin antar pengurus menjadi faktor utamanya.

Mosok (masa, Red.) mahasiswa Komunikasi tapi tidak bisa ‘berkomunikasi’ dengan pengurus yang lain. Hal ini yang harus kami ubah mulai sekarang,” tandasnya.

Karena masalah itulah, Zulfikar menambahkan tidak adanya regenerasi di tiap-tiap kampus Komunikasi yang bisa menggantikan pengurus sebelumnya. Ia pun harus mulai mencari anggota dan pengurus yang mau bersama-sama membangun IMIKI dari awal.

“Saya sendiri berharap, dari acara inilah IMIKI cabang Malang bisa kembali bangkit mencapai kejayaannya seperti waktu dulu. Karena dalam sejarah IMIKI, Malang waktu pembentukannya turut terlibat sebagai pemrakarsa lahirnya IMIKI,” tuturnya.

Ada banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam makrab ini seperti diskusi film, ngobrol bersama (ngobras), pertunjukkan musik, dan outbound yang berlangsung Minggu pagi. (mza)

0 komentar: